cara download dan aktifkan sertifikat elektronik efaktur

Cara Download dan Aktifkan Sertifikat Elektronik Efaktur

Sudah tahukah Anda bagaimana cara download dan aktifkan sertifikat elektronik efaktur? Hal yang sangat penting untuk para WP (Wajib Pajak) ketahui saat ini. Terlebih lagi, EFIN rencananya akan diganti dengan Sertifikat Elektronik untuk semua aktivitas perpajakan online.

Digitalisasi layanan pajak sudah pasti akan memberikan perubahan yang cukup signifikan. Salah satu contohnya adalah berkaitan dengan Sertifikat Elektronik sebagai pengganti EFIN yang rencananya akan diberlakukan untuk semua WP terhitung mulai 2022 mendatang.

Tetapi yang namanya teknologi, terkadang ada saja kendala yang muncul. Terlebih lagi untuk para PKP (Pengusaha Kena Pajak) baru. Terpantau masih ada cukup banyak PKP yang bingung bagaimana cara download dan aktifkan sertifikat elektronik efaktur.

Apa Itu Sertifikat Elektronik Efaktur?

Semakin ke sini, banyak PKP yang lebih suka mengurus faktur pajak online. Memang harus diakui jika mengurus faktur pajak secara online seperti ini lebih mudah dan juga lebih cepat.

Namun harus diakui juga jika masih ada sebagian besar PKP yang terkadang masih bingung saat mengurusinya. Salah satu contoh terdekatnya adalah membuat sertifikat elektronik. Pertanyaannya kemudian adalah apa itu sertifikat elektronik? Secara definisi, definisi sertifikat elektronik ini bisa dilihat pada pasal 1 Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2017.

Di situ dijelaskan bahwa sertifikat elektronik merupakan sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan juga identitas WP (Wajib Pajak) dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan DJP maupun penyelenggara sertifikat elektronik.

Dalam istilah yang lebih gampang lagi, sertifikat elektronik ini merupakan sebuah otentikasi identitas dari para pengguna layanan perpajakan secara elektronik yang di dalamnya berisikan tanda tangan elektronik dan juga identitas dari para WP.

Kedudukan Sertifikat Elektronik

Bagi para PKP (Pengusaha Kena Pajak), memiliki sertifikat elektronik untuk saat ini bisa dikatakan sebuah keharusan. Bahkan tidak hanya PKP saja yang harus memilikinya. Namun setiap WP Non-PKP bisa dikatakan juga harus memiliki sertifikat ini.

Kenapa? Sebab sertifikat elektronik menjadi salah satu syarat utama kepada para WP ketika ingin mengakses layanan perpajakan elektronik. Misalnya saja ketika PKP ingin membuat faktur pajak online di e-Faktur, maka wajib memiliki sertifikat elektronik e-Faktur terlebih dahulu.

Keharusan menggunakan sertifikat elektronik bagi semua wajib pajak ini secara jelas diatur dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020 yang memuat tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Administrasi NPWP, Sertifikat Elektronik, dan juga Pengukuhan PKP.

Tempat Mendapatkan Sertifikat Elektronik Efaktur

Memang, bagi sebagai PKP, Sertifikat Elektronik e-Faktur bukan sesuatu yang asing lagi. Tetapi harus diakui juga jika tidak semua PKP akrab dengan sertifikat yang satu ini. Sebuah sertifikat yang menjadi syarat utama ketika ingin menggunakan aplikasi e-Faktur.

Untuk para PKP terutama yang masih baru pasti banyak yang bertanya bagaimana cara mendapatkan sertifikat elektronik e-Faktur ini? Untuk mendapatkannya sebenarnya sangat mudah. Sebab Anda tinggal mengunduh aplikasi elektronik ini di e-Nofa.

Cara Download Sertifikat Elektronik Efaktur di e-Nofa

e-Nofa sendiri sebenarnya merupakan salah satu aplikasi pajak yang bisa dimanfaatkan oleh WP saat ini. Aplikasi pajak ini digunakan oleh para PKP ketika ingin meminta NSFP (Nomor Seri Faktur Pajak).

Pada saat PKP ingin meminta NSFP di e-Nofa, Anda akan diminta untuk mengunduh Sertifikat elektronik e-Faktur melalui aplikasi tersebut. Dengan kata lain, bisa dikatakan proses yang saling terangkai.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah langkah ketika para PKP ingin mengunduh sertifikat elektronik efaktur di aplikasi e-Nofa.

  1. Tahap Persiapan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para PKP adalah mengajukan permohonan terlebih dahulu ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) tempat PKP dikukuhkan. Caranya adalah dengan melampirkan beberapa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Untuk melakukan proses permohonan ini, bisa dilakukan oleh direktur maupun staf yang sudah ditunjuk PKP. Selain itu namanya pun tertera di dalam akta perusahaan. Setelah permohonan disetujui, nanti akan mendapatkan pemberitahuan lewat e-mail.

  1. Tahap Eksekusi

Setelah permohonan disetujui, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke situs http://efaktur.pajak.go.id. Setelah itu login dengan menggunakan kode aktivasi dan juga password yang sebelumnya sudah diberikan oleh pihak DJP.

Setelah Anda berhasil login ke 2-Nofa, lanjutkan dengan mengklik menu Download Sertifikat Digital. Lalu klik Unduh. Kemudian pilih folder penyimpanan file sertifikat yang sudah Anda unduh pada perangkat yang digunakan. Lalu klik Save.

Langkah berikutnya adalah mengklik dua kali file yang tadi sudah Anda save supaya bisa memulai proses download atau instalasi ke perangkat yang Anda gunakan. Nantinya sistem akan menampilkan layar Certificate Import Wized. Ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Langkah yang terakhir adalah mengimpor sertifikat elektronik efaktur ke browser yang Anda gunakan untuk mengakses situs e-Nofa. Pertanyaannya, sudah tahukah Anda bagaimana cara impor sertifikat elektronik e-Faktur?

Tutorial Impor Sertifikat Elektronik eFaktur

Setelah berhasil mendapatkan sertifikat elektronik, tugas Anda belum selesai. Anda masih diharuskan untuk impor sertifikat elektronik e-Faktur. Impor ini dilakukan pada browser yang nantinya Anda gunakan untuk mengurus faktur pajak online.

Untuk impor sertifikat elektronik ini, ada dua pilihan browser yang bisa dipilih. Pertama melalui Chrome. Kemudian kedua bisa melalui Firefox. Lebih jelasnya lagi lihat tutorialnya di bawah ini.

  1. Impor Sertifikat Elektronik e-Faktur melalui Chrome

Untuk Anda yang menggunakan Google Chrome, seperti ini langkahnya ketika ingin impor sertifikat elektronik:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  • Scroll ke bawah kemudian klik More >> Manage Certificates atau Kelola Sertifikat >> Import. Setelah itu ikuti saja langkah-langkah selanjutnya.
  1. Impor Sertifikat Elektronik e-Faktur melalui Mozilla Firefox

Untuk Anda yang menggunakan browser Firefox, seperti ini langkahnya ketika ingin impor sertifikat elektronik:

  • Klik menu Options atau Pilihan yang ada di menu kanan atas layar.
  • Klik tab Privacy & Security >> View Certificates >> Import pada tab Your Certificates. Setelah itu tinggal mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Setelah melakukan impor sertifikat elektronik eFaktur, baik melalui Google Chrome maupun Mozilla Firefox, ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan. Sehingga sertifikat elektronik dikatakan berhasil diimpor dan siap untuk Anda gunakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tahapan berikutnya yang harus dilakukan oleh para PKP ketika melakukan impor sertifikat elektronik di browser pada perangkat yang digunakan.

  1. Setelah Anda mengklik Impor, nantinya akan muncul formulir untuk memasukkan passphrase yang sebelumnya sudah diminta pada saat permintaan sertifikat. Tugas Anda adalah klik saja Next.
  2. Setelah mengklik Next, akhiri dengan mengklik Finish. Saat ini semua proses download maupun instalasi sertifikat elektronik e-Faktur sudah selesai.

Kini Anda sudah berhasil mendapatkan sebuah Sertifikat Elektronik yang sudah bisa Anda gunakan. Dengan kata lain Sertifikat Elektronik sudah berhasil ter-import. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba mendownload sertifikat elektronik eFaktur?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *