sayur

Berikut Beragam Jenis Sayur yang Bagus untuk Atasi Anemia dan Cara Mengolahnya

Seberapa banyak jumlah sayur-sayuran dan juga buah yang Anda konsumsi setiap hari. Pada dasarnya memang sudah menjadi kewajiban bagi siapa saja, untuk setidaknya memasukkan sayuran dalam menu harian yang dikonsumsi. Tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena ia memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan, sumber serat, serta beragam vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Jenis-jenis Sayuran yang Bagus untuk Atasi Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, padahal sebenarnya fungsi dari sel darah merah ini juga penting dalam membawa oksigen serta sari makanan, untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan sel darah merah bisa membuat tubuh menjadi lemas, pucat dan mudah pingsan. Ada beberapa jenis sayuran yang kaya akan zat besi dan bagus digunakan untuk atasi anemia, yaitu;

  1. Bayam, tentunya tak asing lagi bagi Anda bahwa sayuran hijau ini kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan anemia. Rajin mengonsumsi bayam akan sangat membantu untuk menjaga produksi sel-sel darah merah.
  2. Kale, selain kaya akan kandungan vitamin A, nyatanya kale ini juga kaya akan zat besi yang dipakai sebagai bahan untuk memproduksi sel-sel darah merah.
  3. Collard, nyatanya collard ini juga tergolong dalam sayuran penambah sel darah merah dan kaya akan kandungan vitamin C yang berguna dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
  4. Jamur, beberapa jenis jamur konsumsi layaknya tiram memang bagus bagi tubuh, apalagi memang ia kaya akan kandungan zat besi dibandingkan dengan jamur putih lainnya.
  5. Wortel, buah dengan warna orange ini tak hanya kaya akan kandungan vitamin A, melainkan juga zat besi sebagai bahan untuk pembentukan sel darah merah.

 

Cara Mengolah Sayuran dengan Benar

Dalam pengolahan sayur sebaiknya juga tidak sembarangan, mengingat ia termasuk bahan makanan yang sensitif, jadi jika diolah secara kurang tepat kandungan nutrisi yang ada didalamnya bisa menghilang, berikut ini tipsnya, yaitu:

 

  1. Cucilah dalam air yang mengalir, hindari merendam sayuran terlalu lama dalam air, karena dapat melarutkan beberapa jenis vitamin yang ada didalamnya.
  2. Potong dalam ukuran yang besar, memotongnya dalam ukuran kecil hanya akan menghilangkan kandungan nutrisinya ketika dimasak.
  3. Beberapa jenis sayuran aman dan lebih bagus dikonsumsi dalam kondisi mentah, asalkan dicuci dengan bersih.
  4. Jangan memasak terlalu lama, memasak sayuran dalam waktu terlalu lama, hanya akan menghilangkan nutrisi didalamnya, ikut menguap dengan air yang lainnya.
  5. Jangan pernah memeras sayuran yang telah direbus, ini termasuk tindakan ekstrim menghilangkan nutrisi bermanfaat didalamnya. Hanya ampas atau serat saja yang nantinya didapatkan.

 

Beli Sayuran Segar di TaniHub

Sekarang ini untuk mendapatkan produk sayuran yang masih terjamin kesegarannya sebenarnya bukan hal yang sulit. Karena Anda cukup mengandalkan aplikasi yang berasal dari TaniHub saja. Ia termasuk platform ecommerce masa kini yang secara khusus menjual beragam produk hasil pertanian, lengkap disini mulai dari sayuran, buah-buahan, ikan, daging, telur, bumbu masak sampai dengan sembako juga tersedia. Lewat TaniHub ini karena memang barang didapatkan secara langsung dari petani yang baru saja panen, sehingga untuk kualitasnya dijamin lebih segar. Belanja disini sama artinya dengan ikut berkontribusi dalam memajukan pertanian di Indonesia, karena Anda ikut serta menggunakan produk-produk lokal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *