kontrol berat badan ibu hamil

Tidak Ingin Bertambah Gemuk Saat Hamil? Jangan Diet! Jaga Berat Badan dengan Cara Ini

Bertambah gemuk memang menjadi salah satu kekhawatiran para ibu hamil. Jika mereka memulai kehamilan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tinggi, jangan pernah sekalipun melakukan diet saat hamil ya! Karena membatasi jumlah makanan yang Anda makan bisa berbahaya pada perkembangan bayi di dalam kandungan. Karena itu ada baiknya untuk kontrol berat badan ibu hamil daripada melakukan diet saat hamil.

 

Beberapa jenis diet juga bisa membuat Anda kekurangan sejumlah nutrisis seperti asam folat, zat besi, vitamin dan mineral lainnya. Meskipun pertumbuhan berat badan yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah seperti tekanan darah tinggi atau preeclampsia, tetap tidak disarankan untuk melakukan diet selama masa kehamilan.

 

Namun jika Anda telah memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tinggi pada saat kehamilan, membatasi pola makan saat hamil tetap saja akan membuat Anda atau bayi menjadi tidak sehat. Untuk melakukan kontrol berat badan ibu hamil memang terbilang cukup susah, mengingat ada orang yang hamil dan makan banyak namun tidak bertambah gemuk, namun ada yang makan banyak dan berat badan bertambah banyak.

 

Lalu bagaimana jika ingin tetap menjaga berat badan ideal saat hamil? Anda bisa memulainya dengan mengadopsi gaya hidup yang berbeda saat hamil. Seperti berolahraga dan makan-makan yang lebih sehat bisa membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

 

Jika Anda makan-makanan sehat dan melakukan olahraga yang dikhususkan untuk ibu hamil, Anda tidak perlu khawatir tentang bayi Anda, mereka akan mendapatkan energi yang ia butuhkan, Ada kalori cadangan ekstra yang tersimpan di lemak.

 

Selain itu, memenuhi kebutuhan dengan mengkonsumsi kapsul yang berisi vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, dan yang lainnya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi, mineral dan vitamin yang dibutuhkan sang bayi masih terpenuhi tanpa Anda harus memakan makanan padat yang bisa berpotensi menambah berat badan. Meskipun begitu, jangan lupakan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah, daging, ikan, dan karbohidrat ya.

 

Jika Anda mengembangkan kebiasaan makan sehat dan berolahraga saat hamil, akan membawa dampak positif pada hidup Anda dan juga bisa membantu Anda menjaga hingga mengurangi berat badan. Hal baik lainnya adalah dengan rutin berolahraga selama masa kehamilan, bisa membantu melancarkan sang ibu saat proses melahirkan nanti.

 

Sebelum itu ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kategori berat badan Anda. Apakah berat badan Anda selama masa kehamilan itu kurang, berlebih atau kegemukan. Kegemukan itu harus di cek terlebih dahulu, apakah sang ibu mengandung bayi kembar dua atau tiga.

 

Setelah itu baru penuhi target berat badan Anda. Buatlah diagram berat badan untuk kehamilan agar Anda tahu apakah Anda berada pada jalur yang benar untuk mencapai berat badan yang ideal dan sehat.

 

Jalanilah pola makan yang tepat saat hamil. Pilih varian karbohidrat dengan indeks glycaemic yang rendah, buah dan sayur setidaknya 5 porsi dalam sehari. Pastikan untuk makan protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan. Konsumsi juga produk turunan susu yang bisa dipilih dengan varian kandungan lemak yang lebih rendah.

 

Untuk olahraga, pastikan melakukan olahraga khusus ibu hamil. Dimana kebutuhan setiap trimesternya berbeda. Jangan berolahraga dengan berbaring telentang setelah kehamilan 16 minggu, kemudian berhati-hati dengan posisi yang tidak biasa, lalu jangan lupa lakukan pendinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *