Bahaya Virus Corona Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Virus corona merupakan kategori virus berbahaya yang mulai muncul di Indonesia pada akhir tahun 2019. Virus ini muncul pertama kali di wilayah Wuhan , China pada akhir tahun 2019 juga. Sehingga banyak yang menyebutkan virus ini bernama virus wuhan. Virus corona ini  virus yang identik menyerang sistem pernapasan pada manusia. gejala utama saat seseorang terinveksi virus corona adalah terganggunya sistem pernapasan, bisa berupa sesak nafas atau mengalami flu. Karena virus corona ini memang virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Kemudian pada awal tahun 2020 virus ini mulai menyebar luas ke berbagai negara di dunia. Negara-negara tersebut antara lain: Thailand, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat dan lainnya.

Virus corona ini pada umumnya ditemukan pada beberapa hewan, contohnya: kelelawar, ular, kucing dan hewan ternak. Jika sering bercengkrama dengan hewan tersebut, manusia akan mudah terkena virus corona. Akan tetapi telah diketahui di wilayah Wuhan, China mengalami lonjakan dalam jumlah kasus terinfeksinya seseorang oleh virus corona. Hal ini menunjukkan bahwa virus ini dapat ditularkan melalui manusia satu ke manusia yang lainnya. Virus ini dapat menyebar dengan luas dan cepat melalui udara. Sebelum virus corona merajalela pada akhir tahun 2019 an, pada bulan November tahun 2002 di Tiongkok juga sudah pernah mulai muncul virus yang sejenis dengan corona yaitu SARS (menyerang pernapasan dengan akut). Kemudian virus SARS ini pada pertengahan tahun 2003 sudah mulai berakhir, yang mana sebelum itu virus telah menginfeksi sebanyak 8.098 orang di banyak negara. Dan sekitar 774 orang meninggal dunia akibat terinfeksi virus SARS tersebut.

Virus corona ternyata juga mempunyai berbagai macam jenis, sampai saat ini telah teridentifikasi berjumlah tujuah macam dari corona virus, yaitu: HcoV-HKUI, HcoV-NL63, HcoV-OC43, HcoV-229E, MERS-COV (menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah), SARS-COV (sindrom pernapasan akut) dan COVID-19 atau biasanya dikenal oleh kebanyakan orang bernama Coronavirus. (menyebabkan adanya penyakit pneumonia di kota Wuhan, China pada bulan Desember tahun 2019. Kemudian mulai menyebar ke negara-negara lain pada awal bulan Januari tahun 2020). Di Indonesia virus corona mulai muncul dan merajalela pada bulan Maert 2020.

Jika seseorang terifeksi virus corona, maka akan menimbulkan gejala-gejala yang akan langsung terasa oleh tubuh. berikut beberapa gejala umum yang dirasakan oleh seseorang jika terinfeksi virus corona: sakit kepala, sakit tenggorokan, badan demam, hidung mulai mengeluarkan ingus, batuk, indera perasa dan pembau tidak berfungsi dengan baik dan badan terasa sakit semua. Gejala yang ditimbulkan sesuai dengan virus corona jenis apa yang menginfeksi seseorang tersebut. Virus corona (COVID-19) jika menginfeksi tubuh seseorang maka akan sangat berakibat fatal atau mengalami gejala yang parah. Gejala teersebut berupa demam yang sangat tinggi, sesak napas, batuk disertai dengan lendir dan dada tersa sangat nyeri ketika mengalami batuk atau bernapas.

Berikut beberapa dampak negatif virus corona bagi tubuh:

  1. Penyakit gagal ginjal

Penyakit kedua yang disebabkan oleh virus corona adalah gagal ginjal. Gagal ginjal disebabkan karena adanya sumbatan pada aliran tempat urine mengalir.  Ginjal akan menjadi rusak jika kekurangan tranfusi darah dari pembuluh darah. Virus corona akan menyerang paru-paru dan akan menghambat paru-paru untuk mengedarkan oksigen (O2) di dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga itu akan membuat ginjal sulit mendapat aliran darah.

  1. Paru-paru Meradang (Pneumonia )

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus corona adalah pneumonia atau paru-paru mengalami peradangan. Pneumonia merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang menyerang sistem pernapasan atau  paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat kantong-kantong udara yang mana jika seseorang terkena penyakit pneumonia, kantong-kantong udara tersebut akan mengalami peradangan sehingga itu akan membuat orang tersebut sulit bernapas. Beberapa ilmuwan telah mempelajari keadaan paru-paru pada pasien yang terinfeksi virus corona. Hasilnya adalah banyak ditemukannya nanah dan cairan pada paru-paru.

  1. Penyakit Bronkitis

Penyakit selanjutnya yang disebabkan oleh virus corona adalah bronkitis (radang saluran pernapasan). Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran utama pada paru-paru yang bernama bronkus. Pada bronkus terjadi peradangan, sehingga bronkus tidak maksimal dalam membawa udara dari paru-paru ataupun menuju ke paru-paru. Seseorang yang terkena penyakit bronkitis biasanya ditandai dengan adanya gejala batuk-batuk selama beberapa hari atau bahkan semingguan.

  1. Kematian

Dampak selanjtnya yang disebabkan oleh virus corona adalah terjadi kematian. Ketika daya tahan tubuh seseorang lemah atau menurun, virus akan lebih mudah dalam menyerang tubuh. Karena yang diserang pertama virus corona adalah sistem kekebalan  tubuh. memang kematian merupakan hal yang tiak bisa kita prediksi kapan dan dimana akan terjadi. Namun sebagai ikhtiyar atau usaha kita sebagai manusia, hendaklah kita selalu menjaga diri dengan baik. Patuhi segala peratura kesehatan dan segera ke dokter jika mengalami kurang enak badan.

Demikian penjelasan tentang virus corona dan dampak negatifnya. Dampak negatif yang diakibatkan oleh virus corona sangatlah berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu marilah kita selalu berusaha untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan. Semoga kita selalu mendapat perlindungan dari Yang Maha Kuasa untuk tetap sehat dan bisa menjalani kehidupan dengan aman dan damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *