6 Teknik Mengolah Ayam dengan Bumbu Marinasi

Beraneka ragam olahan ayam kini mudah dijumpai di berbagai restoran terdekat dari rumah anda. Aneka olahan ayam tersebut tentunya akan berasa lebih nikmat jika ayam direndam terlebih dahulu pada bumbu hingga meresap. Proses ini disebut proses marinasi.

Bumbu marinasi daging ayam kini juga tersedia dalam berbagai pilihan, ada yang termasuk dalam bumbu marinasi kering, dan juga ada yang termasuk bumbu marinasi basah. Kedua jenis bumbu tersebut dapat digunakan untuk memasak ayam bakar, ataupun ayam goreng.
Saat mengolah ayam menggunakan cara marinasi, sebaiknya ketahui beberapa teknik berikut:

Gunakan Bumbu Segar

Teknik pertama yang dapat membuat ayam yang anda masak terasa enak dan bumbunya meresap sempurna, sebaiknya menggunakan bumbu pilihan dari dapur anda. Gunakan bumbu yang masih segar, sehingga cita rasa yang diberikan juga nikmat.

Simpan Ayam Dalam Wadah Tertutup

Agar bumbu marinasi dapat meresap sempurna pada daging ayam, sebaiknya gunakan tekni satu ini, yaitu dengan cara menaruh ayam yang telah dibumbui dalam wadah tertutup. Simpan ayam tersebut dalam kulkas agar tidak terjadi kontak langsung dengan bakteri yang nantinya akan merusak cita rasa ayam.

Jangan Terlalu Lama

Marinasi ayam sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang lama. Sebaiknya marinasi ayam dilakukan selama 2-3 jam. Namun dapat juga dilakukan dalam waktu 1×24 jam namun tetap harus berada di ruang tertutup. Jadi anda dapat mengukur sendiri tingkat meresapnya bumbu pada ayam yang akan anda olah ke tahapan berikutnya.

Batas maksimal ayam pada proses marinasi yakni dua hari. Karena jika lebih dari itu, maka bumbu marinasi justru akan merusak tekstur ayam tersebut.

Biarkan Bumbu Menempel

Bumbu marinasi yang masih menempel pada ayam yang akan dibakar atau digoreng, sebaiknya dibiarkan saja. Karena ini akan memberi rasa nikmat tersendiri ketika ayam tersebut disantap bersama nasi atau teman makan lainnya.

Jangan Tambahkan Bumbu Saat Ayam Matang

Teknik berikutnya untuk membuat ayam lebih terasa nikmat, yaitu jangan menambahkan bumbu apa apa pada ayam bakar yang hampir matang. Bumbu marinasi sebaiknya dioleskan ketika ayam masih mentah. Lima menit sebelum ayam bakar itu matang sebaiknya fokus untuk proses finishing saja. Jangan tambahkan bumbu pada ayam tersebut, karena dapat merusak cita rasa yang sebenarnya sudah pas pada porsinya.

Gunakan Sisa Bumbu Sebagai Saus

Jika bumbu marinasi yang anda punya masih tersisa banyak, sebaiknya gunakan sebagai saus untuk melengkapi ayam yang dibuat tadi. Jika memang bumbu marinasinya belum matang, sebaiknya masak terlebih dahulu bumbu tersebut. Setelah bumbu matang sempurna, barulah ayam yang sudah matang tadi disiram dengan bumbu sisa marinasi

Itu tadi beberapa teknik untuk mengolah ayam dengan bumbu marinasi daging. Perlu diketahui, bahwa bumbu marinasi tidak hanya digunakan untuk membumbui daging ayam, melainkan beberapa daging lainnya juga dapat diolah dengan bumbu marinasi sebelumnya. Beberapa daging tersebut diantaranya: daging ikan, daging sapi, daging kambing, dan aneka daging lainnya.

Bumbu yang digunakan untuk proses marinasi 1 kg daging diantaranya: 1 sendok makan saus teriyaki, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh lada, 1 sendok teh garam, dan satu sendok teh ketumbar bubuk. Bumbu marinasi ini tergantung pada selera dan tingkat resapan bumbu yang dihasilkan. Jika menginginkan daging tersebut lebih berasa, bumbu marinasi daging juga dapat ditambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *