Khasiat Timun yang Ampuh Mengobati Hipertensi


Timun biasanya digunakan sebagai lalapan saat makan makanan yang bersambal. Tidak hanya untuk menyegarkan mulut, timun juga mengandung kalium, antioksidan, dan juga vitamin C yang tinggi. 
Kini timun juga digunakan dalam dunia kesehatan. Salah satunya mengobati hipertensi. Biasanya para penderita hipertensi memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Hal ini biasanya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Darah tinggi jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti jantung koroner bahkan stroke. 
Sebaiknya bagi para penderita darah tinggi mulai menambahkan timun pada pola makannya. Dapat dimakan secara langsung dan juga dijadikan sebagai infused water. Protein yang menyebabkan darah tinggi yakni protein angiotensin I harus dikendalikan agar tidak berubah menjadi protein angiotensin II yang dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Timun sangat kaya akan antiosidan yang dapat memberantas radikal bebas dan beberapa masalah lain dalam tubuh. 
Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh manusia, dimana salah satunya yakni hipertensi. 
Meski tubuh kita sudah memiliki imun sebagai antibodi, namun asupan antioksidan yang berasal dari makanan alami dapat menambah kekuatan antibodi dalam tubuh, salah satunya dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan salah satu masalah yang serius, sehingga pola hidup sehat juga harus dibiasakan mulai dari sekarang. Selain dengan cara mengonsumsi timun, berikut beberapa cara untuk mengontrol tekanan darah: 

1.Rajin mengonsumsi buah buahan dan juga berbagai sayur. 

Hal ini karena sayur dan buah memiliki antioksidan yang tinggi. Hindari beberapa sayur yang memang menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi. Serta kurangi asupan lemak. 

2. Biasakan berolahraga, paling tidak 30 menit dalam sehari. 

Olahraga sangat penting bagi orang yang memang menderita penyakit tertentu. Karena dari keringat yang dikeluarkan, tubuh akan melepas segala macam radikal bebas. 

3. Jaga berat badan. 

Orang yang mengalami hipertensi akan rawan terkena stroke yang juga disebabkan oleh penumpukan lemak. 

4. Kurangi merokok, dan hindari asap rokok. 

Bagi perokok aktif maupun pasif, sebaiknya tinggalkan. Karena asap rokok dapat menyebabkan masalah serius terkait dengan hipertensi. 

5. Minum air mineral. 

Air mineral memiliki manfaat yang luar biasa dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu air mineral juga dapat melancarkan peredaran darah. Uraian di atas merupakan khasiat timun untuk mengobati hipertensi
Dengan pola hidup yang sehat, yakni menyertakan timun dalam pola makan, dapat mengatasi hipertensi yang sudah lama di derita.

Satu Komentar pada “Khasiat Timun yang Ampuh Mengobati Hipertensi”

  1. sangat bermanfaat ….terimakasih infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *